4 Langkah Mudah Membuat Es Kopi Susu Rasa Cafe Di Rumah

May 01, 2021


Siapa  yang tidak suka dengan  es kopi susu? Sepertinya hampir semua orang suka dengan es kopi susu. Apalagi beberapa tahun belakangan ini mulai muncul banyak kedai yang menjual kopi susu dengan berbagai macam variasinya. Sebut saja, ada Kopi Tuku, Kopi Kenangan, Janji Jiwa, Arah Kopi, Kopi Tawa, Couvee, Bahagia Kopi, dan masih banyak lagi lainnya. Es Kopi Susu itu sendiri ada banyak jenisnya: kopi susu dengan gula aren, kopi susu dengan sirup vanila, kopi susu dengan alpukat, kopi susu dengan oreo dan lain-lain. 

Saya pribadi adalah penikmat kopi susu dan saya suka mencoba kopi susu dari satu kedai ke kedai yang lainnya. Beberapa review saya publish di akun instagram dan ada di highlight #ngopisamaibu. Harga kopi susu yang beragam dan terkadang ada beberapa kopi susu yang harganya di luar budget  membuat saya terpana ketika melihat berapa banyak uang yang sudah saya habiskan untuk segelas kopi susu dalam beberapa tahun belakangan. Sayapun memulai untuk mencari-cari resep es kopi susu yang mudah dibuat tapi tetap enak rasanya. Trial and error pun saya lakukan. Ternyata tidak mudah menemukan resep yang pas untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. No wonder, harga kopi susu di pasaran tidak murah. Apalagi untuk beberapa kopi susu yang menurut saya enak, harganya relatif lebih mahal daripada yang lain. Ada harga ada rupa. 

Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya saya menemukan langkah mudah membuat es kopi susu sederhana yang rasanya enak (menurut orang rumah saya yang pernah mencoba). Bahannyapun mudah didapatkan. Berikut bahan-bahannya: 
  • Sirup Vanila sebagai pemanis. Bisa diganti dengan gula aren yang sudah dilarutkan. 
  • Susu cair
  • Es Batu
  • Kopi (saya pakai nescafe klasik robusta blend)   
 Cara membuatnya juga sederhana sekali. Bisa dilihat di gambar di bawah ini.
Hanya dengan empat langkah, sekarang bisa menikmati es kopi susu serasa di cafe dan dengan biaya yang jauh lebih hemat. Silahkan mencoba! 

Eits, buat teman-teman yang punya kedai kopi, saya masih suka jajan kopi juga kok. Saya hanya mengurangi jajan saya dan sayapun semakin jarang minum kopi karena kadang terlalu ribet mengurus ini itu dan akhirnya lupa untuk membuat es kopi susu. 

You Might Also Like

0 Comments